Beranda > Tak Berkategori > Berbagi Cerita Dari Sydney

Berbagi Cerita Dari Sydney

Islam Di Sydney Saat tiba di Sydney kami langsung berkenalan dengan para pelajar Islam lain yang kebanyakan sedang menempuh studi di University of New South Wales. Ternyata perkumpulan pelajar Islam di Sydney ini mempunyai berbagai macam kegiatan. Perkumpulan yang diberi nama KPII (Keluarga Pelajar Islam Indonesia) ini mengadakan pengajian keluarga setiap akhir bulan yang diadakan di aula kampus UNSW serta pada waktu-waktu tertentu diadakan di Konsulat Jenderal RI. Untuk para ibu-ibu mengadakan pengajian khusus akhowat setiap dua pekan sekali. Sedangkan untuk anak-anak diadakan kegiatan TPA setiap pekan sekali yaitu pada hari Sabtu. Pada bulan Ramadhan kami mengadakan buka bersama di rumah-rumah pelajar muslim yang dilakukan secara bergantian. Selain itu, kami bekerja sama dengan ISOC (Islamic Society) of UNSW juga mengadakan buka bersama di beberapa hari dalam bulan Ramadhan, bergantian dengan komunitas muslim dari negara-negara lain, seperti Libanon dan India. Pada waktu tertentu, komunitas muslim SUMSA (Sydney University Muslim Student Association) juga mengadakan event bertajuk Islamic Awareness Week dengan kegiatan-kegiatan berupa ceramah, isu-isu Islam terkini di dunia, serta juga menampilkan acara multicultural lunch di mana para muslim dari berbagai negara menyajikan makanan khas dari daerah mereka masing-masing kepada para pengunjung.

Mendapatkan Makanan Halal
Di Sydney ini terhitung mudah dalam mendapatkan makanan halal. Daerah di sekitar kami tinggal (Kingsford) terdapat dua buah toko Asia (Asian Market) yang banyak menjual makanan dan snack berlabel halal yang merupakan produk-produk impor dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Tidak hanya itu, untuk mendapatkan lauk seperti ayam dan daging, ada butcher khusus yang hanya menjual daging dan ayam halal. Daftar bahan-bahan makanan dan toko halal sudah dicantumkan dalam list Halal Food around UNSW (and Sydney) di situs http://www.falamaki.id.au/halal.html . Para student yang ingin catering pun tersedia beberapa jasa catering makanan halal yang langsung dapat diantar ke unit masing-masing.

Pelayanan di Bidang Kesehatan
Ini adalah pengalaman pribadi kami yang sangat penting diketahui oleh para muslimah berkaitan dengan preference ketika melakukan periksa kesehatan. Pengalaman kami ketika melakukan cek kehamilan selama sembilan bulan, kami bisa meminta pihak rumah sakit untuk menyediakan female staff only. Dan sepanjang proses kehamilan hingga melahirkan kami pun hanya diperiksa oleh staf wanita saja, baik itu midwife ataupun dokter. Hal yang sangat kami sukai lagi adalah ketika dokter meminta ijin sebelum melakukan imunisasi pada bayi. Bahkan dokter memberikan referensi tentang bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan vaksin serta menjelaskan apa yang ada di dalam vaksin tersebut sehingga kami berhak menolak ataupun menyatakan setuju untuk dilakukan imunisasi pada bayi kami.

Masjid di Sydney
Masjid Lakemba Di Sydney ini terdapat sebuah masjid di pusat kota, selain itu ada masjid di daerah Tempe dan juga di kampung muslim di daerah Lakemba. Lakemba merupakan pusat kegiatan muslim di Sydney. Di sana banyak diadakan kegiatan-kegiatan keislaman seperti pengajian keluarga dan manasik haji. Daerah Lakemba juga terdapat toko-toko buku Islam. Di daerah sekitar UNSW sendiri tidak terdapat masjid. Shalat jamaah biasa dilakukan di Religious Room di salah satu gedung UNSW, serta ada aula khusus untuk melaksanakan shalat Jumat. Yang sangat disayangkan, beberapa sholat Jumat terakhir terpaksa dilakukan di halaman kampus karena kami tidak lagi mendapatkan ijin dari pihak universitas untuk menggunakan ruangan yang biasanya.

Penulis:
Nur Fitri Fatimah bersama suami, Syarif Hidayat (Mahasiswa Pasca Sarjana Master of Informatics, University of New South Wales)

Artikel Muslim.Or.Id

Kategori:Tak Berkategori
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: